BANDAR LAMPUNG ~ Lampura Ingin Rekrut 3.773 CPNS

Lampura Ingin Rekrut 3.773 CPNS


BANDAR LAMPUNG ~ Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) segera membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) khusus provinsi dan kabupaten/ kota. Seleksi CPNS rencananya dilaksanakan awal 2018 nanti. 

Namun, sejumlah pemerintah daerah di Lampung belum mendapat informasi resmi dari Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) ihwal rekrutmen CPNS ini. 

Meski begitu, ada beberapa pemerintah daerah yang sudah mengajukan usulan penerimaan CPNS sejak jauvh hari. Misalnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara yang ingin merekrut 3.773 CPNS. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengebangan Sumber Daya Manusia Lempura, Iwan Setiawan, mengatakan, usulan terbanyak untuk formasi tenaga pendidik atau guru yakni 2.842 orang. Di susul tenaga kesehatan 616 CPNS dan tenaga teknis sebanyak 315 orang 


"Usulannya sudah kami sampaikan ke BKN beberapa bulan lalu." kata iwan kepada Tl'ibun. Selasa (14/11). iwan menuturkan. hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat mencabut mpraton'um CPNS. Pun formasi dan kuota penerimaan CPNS yang dialokasikan untuk Pemkab Lampura. "Kita masih menunggu dari pusat, apakah akan ada formasi untuk Lampura atau tidak.

Tapi, sejauh ini untuk pemprov, pemkot serta pemkab belum ada informasi soal formasi kecuali Provinsi Kalimantan Utara beberapa waktu lalu," ujamya 

Terpisah. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Akar Wibowo, juga mengaku belum mendapatkan informasi resmi dari pemerintah pusat tentang penerimaan CPNS 2018 mendatang. "Berapa kita dapat alokasi kuota penerimaan.. belum ada informasi secara resmi,“ kata Akar. Selasa Menurut Akar. Pemkab Lanisel juga belum mengalokasxkan anggaran untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS dalam APBD. Meski begitu. Akar menyebutkan anggaran seleksi CPNS bisa difasilitasi lewat APBD Perubahan Akar mengakui rekrutmen CPNS sudah diusulkan beberapa waktu lalu. "Setiap tahunnya yang pensiun itu sekitar 200 orang. Jadi. kami kekurangan lebih dari 3.000 tenaga, terutama guru dan kesehatan." paparnya.

'Kebutuhan pegawai baru juga disebutkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Metro, Herjuno. Menurut dia. Metro kekurangan sekitar 489 pegawai untuk memenuhi dan menempati pospos yang ditinggal pensiun. Usulannya terdiri dari 155 tenaga pendidik. 129 tenaga kesehatan. dan 205 untuk tenaga administrasi. "Piap tahun kita usulkan ke pemerintah pusat Cuma ini kan sedang moratorium dan belum dicabut.” kata Herjuno, kemarin. Namun, terus Herjuno. hingga kini usulan tersebut belum terealisasikan. Setali tiga uang. BKSDM Tanggamus menyebut belum mendapat instruksi untuk rekrutmen CPNS.

"Sampai sekarang tidak ada. untuk tahun 2018 juga kami belum menerimanya. Kalau benar nanti ada pasti pusat akan memberikan instruksi tahapan-tahapan yang harus kami lakukan. ujar Adi Gunawan. Kabid Mutasi dan Pengangkatan Pegawai menurut dia, BKPSDM Tanggamus sudah mengusulkan penerimaan 3.825 pegawai baru. Formasi yang sangat dibutuhkan adalah tenaga guru. Meskipun tenaga kesehatan juga dibutuhkan, namun pada 2015 lalu sudah dilakukan rekrutmen tertutup untuk mengurangi beban kebutuhan pegawai. Sementara Sekretaris Kota Bandar Lampung, Badri Tamam, mengamini terjadinya kekurangan pegawai. Menurut dia. kekurangan jumlah pegawai itu dikarenakan setiap tahunnya ada pegawai yang pensiun. 

"Banyak kekurangannya (pegawai) karena setiap tahun sekitar 100-an yang pensiun. Tapi jumlah pastinya belum tahu karena datanya ada di BKD," kata Badri. Formasi yang paling dibutuhkan saat ini, sambung Badri, mulai dari guru. tenaga kesehatan, tenaga teknis. dan insinyur. Sedangkan Bupati Lamtim, Chusnunia Chalim (Nunik), mengatakan, tahun ini pihaknya sudah melayangkan. surat usulan penerimaan CPNS sebanyak 1.570 orang. Usulan itu diajukan ke Kemenpan-RB.

"Berdasarkan kebutuhan “pegawai, kita sudah ajukan, antara lain untuk kebutuhan guru, dokter, dan perawat., Totalnya, 1.57 0 pegawai," k'ata Nunik, Selasa. , Menurut N unik, kebutuhan terbanyak adalah formasi guru yang mencapai 1.357 pegawai. "Untuk rinciannya, Guru 1.357, dokter 48, perawat 151 dan pegawai teknis lainnya '14 formasi," ujarnya. Kekurangan ribuan pegawai juga dilontarkan Kepala BKPSDM Lampung Tengah, Candra Puasati. “ Candra mengatakan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Kemenpan-RB untuk rekrutmen pegawai. Menurut dia, hampir semua sektor di lamteng kekurangan tenaga PNS."Kita sudah usulkan untuk menerima 2.275 pegawai. Untuk jumlah ideal pegawai memang di angka 2.000 sekian." terang Candra. kemarin. Untuk tahun ini saja, lanjut Candra. jumlah PNS Lamteng yang pensiun sebanyak 495 orang. Jumlah itu didominasi dari sektor guru yakni 273 orang. “Candra berharap usulan yang sebelumnya diajukan mendapat respons dari Kemenpan-RB.

Sementara Plt Kepala BKD Pemprov Lampung, Rusli Sofuan, mengatakan sudah mengajukan usulan penerimaan CPNS ke pemerintah pusat. Namun, ia mengaku tidak mengetahui detail jumlah usulan tersebut."Usulan kita sudah masuk di e-formasi Kemenpan-RB. jumlahnya banyak. ada tenaga fungsional guru dan medis, serta tenaga infrastruktur lapangan. Kalau usulan ya sebanyakbanyaknya," kata Rusli. Terpisah, Kabupaten Tulangbawang mengusulkan 1.426 CPNS ke pemerintah pusat. Rinciannya. guru sebanyak 1.063. tenaga kesehatan 285. dan tenaga teknis lainnya 78. Kasubid Pengadaan Pegawai BKD Tulangbawang. Sigit mengatakan. berdasarkan perhitungan analisa jabatan [Anjab] tahun 2015. kebutuhan pegawai di Tuba mencapai 4.000 yang didominasi tenaga struktral."Itu (usulan) belum sesuai kebutuhan. Surat dari Menpan hanya minta untuk tiga formasi itu." kata Sigit. Selasa.Sementara. Kabupaten Mesuji mengusulkan formasi CPNS sebanyak 749. Pe rinciannya. tenaga pendidikan 592. kesehatan 120. dan teknis lainnya 37. Adapun kebutuhan pegawai Mesuji sebanyak 3.898.

"Itu (kebutuhan pegawai) sesuai dengan perhitungan Anjab tahun 2014. Jadi masih banyak," terang Beddi, Kepala BKD Mesuji, selasa. Kuota llO-an Ribu Sementara itu. Menteri Pan-RB. Asman Abnur, mengatakan, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan gubernur, wali kota/ bupati sesuai dengan kompetensi bidang yang ingin dikembangkan di daerah. Asman mengatakan. formasi yang dibuka tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. Menurut dia, jumlah PNS yang memasuki pensiun sekitar 220 ribu orang. Formasi yang akan dibuka sekitar 50 sampai 60 persen. atau sekitar llO-an ribu dari jumlah tersebut.

"Dalam waktu dekat kita ajukan. Awal tahun sudah mulai buka rekrutmen." kata Asman di Jakarta. Selasa. Ia mengaku saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait besaran anggaran seleksi CPNS ini. Sejalan dengan itu. KemenpanRB juga menunggu usulan dari kementerian/lembaga maupun dari pemda. "Ini lagi kita hitung kemampuan keuangan. Salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen." tegas Asman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSEUM LAMPUNG

YAKIN 100 PERSEN LOLOS

BANDAR LAMPUNG ~ KAOS DISTRO: SEBUAH PRODUK INDUSTRI KREATIF